Pengertian pemasaran online
Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler
Pemasaran adalah suatu proses individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan,menawarkan,dan secara bebas mempertukar produk yang bernilai dengan yang lain
Pengertian Pemasaran Menurut W.Stanton
Pemasaran adalah suatu sistem total dari aktivitas-aktivitas bisnis yang ditunjukan untuk membuat rencana,menetapkan harga,meningkatkan penjualan,dan mendistribusikan produk-produk supaya memuaskan konsumen,baik yang sudah menjadi pelanggan maupun yang akan menjadi pelanggan
Kesimpulan Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan,baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial
Pengertian Pemasaran Online Menurut Armstrong dan Kotler (2004:74)
Pemasaran online adalah sisi pemasaran dari e-commerce yang terdiri atas kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan,mempromosikan,dan menjual barang atau jasa melalui internet.
Pengertian Pemasaran Online Menurut Boone dam Kurtz (2005)
Pemasaran Online adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang atau jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain
Kesimpulan Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online adalah adalah proses menjual produk atau jasa menggunakan media internet atau jaringan, artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik lewat jaringan cyber
Komponen Pemasaran Online
1.Website
Website adalah kumpulan halaman yang saling terkait dan masing-masing halaman dihubungkan dengan hyperlink.
2. Email Marketing
Email Marketing berfungsi menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis sehingga tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu
3. Konten Marketing
Konten Marketing merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website,toko online,dan blog
4. Social Media Networking
Social Media Networking adalah sebuah media online yang para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi,berbagai dan menciptakan isi,blog,jejaring sosial,wiki,forum,dan dunia virtual
5. Search Egine Optimization (SEO)
Mesin Pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis,produk atau jasa sebelim memutuskan membelinya
6. Online Public Relations (O-PR)
Online Public Relations (O-PR) atau on the net atau Cyber PR adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai alat media komunikasi.
7. Online Advertising
Online Advertising adalah metode periklanan menggunakan world wide web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untk menarik pelanggan
8. Conversion
Conversion adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online.
Kelebihan Pemasaran Online
1. Buka 24 jam.
Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh.
2. Easier and faster to find anything.
Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja.
3. Proses pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.
4. Low investment.
Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.
5.Irit waktu
Pemasaran online tidak menyita banyak waktu karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Karena kemudahannya, banyak orang memilih untuk berbelanja online.
6.Tidak membutuhkan modal yang besar
Jika anda membuka toko online, anda hanya membutuhkan website untuk promosi dan menjual barang anda. Anda tidak perlu membayar sewa gedung, pegawai dan lain-lain.
7.Tidak terikat siapapun
Kita bisa menjadi manager dan owner tanpa terikat siapapun, tidak perlu ‘bos’ yang mengatur jadwla pekerjaan dalam menjalankan bisnisnya. Disini kita yang mengatur sendiri jadwal dan strategi pemasaran untuk mendapat keuntungan maksimal.
Kekurangan Pemasaran Online
Setiap model usaha tentu memiliki model transaksi yang berbeda. Umumnya berbelanja online menggunakan metode transfer pembayaran baik melalui bank lokal maupun internasional. Bagi anda yang memutuskan untuk berbelanja di situs terbesar di dunia seperti amazon, lazada, dll maka anda harus memiliki master card atau jenis pembayaran yang tidak menggunakan bank lokal. Hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi kita yang tidak terbiasa menggunakan model ini.
2.Keabsahan barang (kurang nyata)
Bagi pembeli, berbelanja melalui internet berarti tidak ada kesempatan secara langsung untuk meraba barang yang akan anda beli. Hal ini berdampak pada tidak sesuainya kualitas barang yang anda beli. Misalnya barang yang terlihat bagus di gambar tapi setelah diterima ternyata barangnya mudah rusak. Untuk megatasi hal ini pilihlah toko atau web yang sudah terkenal dan dipercaya oleh pelanggannya.
3.Faktor jaringan internet
Jaringan internet merupakan modal awal untuk melakukan pemasaran online. Tanpa koneksi jaringan yang memadai, maka anda akan kesulitan melakukan transaksi.
4.Selera konsumen
Setiap konsumen memiliki selera belanja yan berbeda. Ada kalanya konsumen lebih senang berbelanja langsung. Dan banyak konsumen yang menghindari penipuan dari berbelanja di internet.
5. Kepercayaan konsumen
Masih berhubungan dengan poin diatas, kepercayaan konsumen terhadap toko online lebih kecil. Hal ini dikarenakan pelanggan yang masih berhati-hati dan takut ditipu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar